Minggu, 20 Maret 2016

Pelantikan Pramuka SMP Labschool Jakarta 2016






               
                Pada tanggal 27 Februari 2016, Kelas 7 Angkatan 24 SMP Labschool Rawamangun Jakarta mengadakan pelantikan pramuka yang dilaksanakan di Studio Alam TVRI. Kami semua berangkat ke temapt menggunakan teronton pada jam 7.00. Sesampai disana kami berkumpul di lapangan utama untuk istirahat bersiap-siap games.
                Pada saat games, saya berkumpul dengan kelompok saya yaitu kelompok Elang. Sebelum memulai game kami diinstruksikan untuk mengerjakan soal yang sudah disediakan dengan kelompok masing-masing. Soal tersebut adalah soal tentang macam-macam salam pramuka, kelengkapan seragam pramuka, dan lain-lain. Setelah selesai mengerjakan soal, kami keliling Studio Alam tersebut untuk mengunjungi pos-pos yang sudah disiapkan oleh kakak-kakak pramuka. Di pos pertama kami ditanyakan tentang Trisatya. Kami menyebutkan isi-isi dari Trisatya dan cara mengamalkan Trisatya. Di pos kedua kami diajarkan dan di tes tentang Semapur. Semapur adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Di sana kami dilombakan antar 3 kelompok yang dapat menjawab pertanyaan yang paling cepat dan tepat, dapat melanjutkan perjalanan ke pos tiga.
                Di pos ketiga, kami diajarkan untuk membuat tandu. Tandu adalah Tandu adalah alat transportasi jarak dekat yang menggunakan tenaga manusia. Biasanya, tandu digunakan untuk mengangkat orang-orang yang terluka. Tandu terbuat dari dua buah bambu dan dua tali pramuka (tali putih). Saat membuat tandu, kami juga diajarkan dua simpul tali yang digunakan untuk mengikat tali ke bambu, yaitu simpul pangkal. Di pos ketiga juga ada rintangan yang harus dilewati masing-masing kelompok dengan membawa tandu yang harus dinaiki satu orang. Rintangan tersebut dibuat dengan tali-tali yang diikatkan ke pohon. Kita harus melewati tali yang tingginya ber beda-beda dengan membawa salah satu teman di tandu. Dan ada juga rintangan yang hanya dibolehkan menginjak tempat yang ditandai saja dan rintangan untuk memasukkan tandu yang berisi orang lewat sebuah lingkaran yang terbuat dari kayu. Dan sampai di pos terakhir, yaitu pos empat. Di sana kami dilatih PBB dan mengerjakan soal. Di PBB kami diajarkan cara hormat menggunakan tongkat, cara istirahat di tempat dengan tongkat, dan lain-lain. Soal yang di kerjakan adalah soal tentang sandi-sandi yang sudah diajarkan, seperti sandi morse, sandi koordinat, dan sandi angka dan sandi-sandi lain.
                Setelah itu, kami istirahat, sholat, dan makan untuk persiapan pelantikan. Kmai solat dimasjid di tempat dekat danau. Untuk sampai ke masjid kami harus jala kebawah dekat suatu aula.Saat makan, kami diinsruksikan untuk meggelar tikar agar makannya tidak di tanah atau rumput. Kami makan dengan kelompok masing-masing.
                   Pada saat persiapan pelantikan, Kami berbaris dengan rapih per kelompok untuk siap-siap memulai pelantikan. Pelantikan tersebut mirip seperti upacara biasa, namun ditambah nyayian lagu Pramuka, dan tidak ada kegiatan mengibar bendera. Pada saat pelantikan, kami menyanyikan lagu tersebut dan berjanji untuk menjadi Pramuka yang baik. Kami dibagikan nomor gudep yang harus dipakai untuk Pramuka. Kami dilantik dari Siaga, menjadi Penggalang Ramu. Setelah seleasi pelantikan, kami menonton pentas kelompok lomba semapur yang mendapat juara 2 dalam lomba semapur. Setelah itu kami bersiap-siap untuk pulang, membereskan barang, dan naik teronton untuk pulang. Demikianlah Pelantikan Pramuka SMP Labschool Rawamangun Jakarta, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.




7E

1 komentar: