Minggu, 20 Maret 2016

SAKSI 2016 SMP Labschool Jakarta Rawamangun



Pada tanggal 5 Februari sampai 7 Februari   2016, Kelas 7 Angkatan 24 SMP Labschool Rawamangun Jakarta melaksanakan kegiatan SAKSI. SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepempimpinan Siswa Indonesia. SAKSI kali ini bertemakan “Semarakkan masa mudamu dengan kemandirian dan kedisiplinan guna menggapai masa depan gemilang”. SAKSI hanya dilaksanakan untuk siswa-siswi kelas 7 saja. Di kegiatan SAKSI ini saya masuk ke kelompok Jawa Timur, yang diketuai oleh Gege (7D) dan diwakili oleh Dzaky (7C). Anggotanya adalah Saya (Rayhan Randi 7E),  Rayhan Rizqy Ramadhan (7A), Daffa Zainal(7G), Vietto Ananto (7G), Farsyah Septrial(7E), Bagus (7B), Athallah Yafi (7B), Irza Lutfi (7F), Irvine (7A), dan lain lain.

Kegiatan SAKSI tersebut dilakukan di Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di Gunung Bunder.  Di Gunung Bunder  terdapat sebuah bumi perkemahan dengan fasilitas pelatihan luar ruang (outbound training). Gunung Bunder terkenal juga dengan beberapa air terjunnya (curug).   Kami berangkat ke tempat naik teronton. Kami pergi berangkat ke Gunung Bunder jam 7.00. Kami berangkat meggunakan seragam pramuka lengkap. Perjalanan dari Labschool ke Gunung Bunder lumayan lama, yaitu 2,5 jam. Kami sampai disana sekitar jam 9.30-10.30. Setelah sampai di tempat, kami berkumpul di lapangan utama untuk melaksanan apel pembukaan walaupun cuaca disana sangat panas, kami tetap melakukan apel pembukaan dengan semangat.  Di sana, kami diatur oleh para anggota TNI dan didampingi olah kakak-kakak OSIS dan MPK. Setelah apl pembukaan kami segera menuju ke barak untuk meletakkan tas dan makan. Kita diajarkan oleh tentara cara makan komando. Saat makan komando kita tidak bisa memilih makanan apa yang ingin kita makan, tetapi makanan kita sudah disiapkan dan harus habis suka maupun tidak suka. Selain itu peraturannya bermacam-macam, ada yang harus menyuapi teman didepannya, harus menukar makan dengan teman sebelah dan depan, dan lain lain. Di sana kita dilatih kepemimpinan kita dan dilatih agar menjadi mandiri. Di sana, jarak antara barak, lapangan utama, aula, dan masjid sangat jauh. Kita harus naik dan turun tanjakan untuk sampai di salah satu tempat tersebut. Setelah itu, kami sholat dan istirahat untuk siap siap melihat seminar dan peragaan busana daerah. Setelah acara selesai kami kembali ke barak untuk mandi/beristirahat. Tapi setelah itu masih ada lagi satu seminar, yaitu tentang kepemimpinan. Di seminar tersebut kami diajarkan banyak yel-yel dan lagu-lagu. Setelah selesai kami kembali ke barak untuk tidur.

Pada hari kedua, kami melaksanakan outbond. Outbond dilaksanakan di samping lapangan utama. Setelah outbond kami melaksanakan hiking ke curug. Di sana kami berenang di air yang sangat dingin menggunakan baju loreng. Di curug tersebut juga banyak bebatuan jadi jika ingin jalan atau berenang kita harus lebih hati-hati. Curug tersebut sangat bagus. Setelah ke curug, kami kembali kebarak untuk mandi dan bersiap-siap mementaskan pensi. Pada saat pensi kelompok saya (Kelompok 5, Jawa Timur) menampilkan battledance lawan kelompok 1. Setelah pensi, kami kembali kebarak untuk tidur.


Dan akhirnya sampai di hari terakhir, di hari ketiga kami setelah bangun tidur dan solat, kami diinstruksikan untuk membereskan barang untuk siap-siap pulang. Setelah membereskan barang, kami disuruh makan komando. Makan Komando yang ini adalah makan komando yang terakhir di gunung bunder. Setelah itu, kami melaksanakan apel penutupan. Pada saat apel penutupan di umumkan juara-juara pensi dan peserta terbaik SAKSI 2016. Setelah apel, kami berfoto dengan masing-masing kelas tiga kali. Setelah itu, kami berangkat menuju pulang menuju Labschool.

2 komentar: